Gak Nyangka! Rupanya Dari Sini Investor Global Gali Informasi

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri Standard Chartered Global Research Briefing and Investor Forum 2020 di Hotel Mulia Senayan. (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)

Informasi terkait profil perusahaan memang menjadi suatu hal yang penting bagi para investor sebelum mereka melakukan pendanaan. Melihat data survei yang dilakukan PricewaterhouseCoopeers (PwC), ada beberapa sumber informasi acuan investor global dalam menilai kinerja perusahaan. Apa saja?

Menurut survei PricewaterhouseCoopers (PwC), mayoritas investor besar di skala global menggunakan laporan keuangan sebagai sumber informasi utama.

Sebagian investor lain melakukan penilaian berdasarkan hasil dialog langsung, laporan naratif, data yang dikumpulkan pihak ketiga, materialitas perusahaan (materiality assessment disclosures), dan pemberitaan media massa.

Ada juga investor yang menilai perusahaan dari laporan keberlanjutan, skor environmental, social, dan governance (ESG) serta data alternatif lainnya. Namun, proporsinya lebih kecil seperti terlihat pada grafik.

PwC melakukan survei ini terhadap 227 investor yang tersebar secara global. Seluruh responden merupakan investor kelas kakap dengan nilai aset kelolaan di kisaran US$500 juta sampai US$1 triliun atau lebih.

Survei PwC juga mengungkap kriteria bisnis yang baik menurut investor. Umumnya, para penanam modal besar memberi nilai lebih pada perusahaan yang inovatif, serta memiliki kinerja finansial yang baik.

Adapun faktor lain seperti ramah lingkungan atau inklusivitas perusahaan umumnya dianggap kurang penting.

“Jika sebuah perusahaan tidak dapat beradaptasi atau kehabisan uang tunai, mereka tidak akan bertahan cukup lama untuk mengatasi persoalan lain,” kata PwC dalam laporan Global Investor Survey 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*