Tanah Pantura Jawa Alami Penurunan, Ini Mitigasi Badan Geologi

Tanah Pantura Jawa Alami Penurunan, Ini Mitigasi Badan Geologi

Penurunan tanah di Pantura Jawa. (Dok. Badan Geologi Kementerian ESDM)

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyiapkan sejumlah langkah mitigasi menyusul adanya potensi penurunan muka tanah (land subsidence) di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah. Salah satunya yang disebabkan oleh pengambilan air tanah yang berlebihan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid menjelaskan pihaknya telah melakukan mitigasi penurunan muka tanah di sepanjang Pantura Jawa. Misalnya dengan memasang stasiun pengamatan penurunan permukaan tanah.

“Badan Geologi memitigasi penurunan muka tanah sepanjang Pantura Jawa. Pemantauan di Pantura Jawa dengan pasang stasiun penurunan muka tanah,” kata dia dalam konferensi pers, Jumat (19/1/2024).

Sebelumnya, https://sportifkas138.shop/ Wafid mengatakan pengambilan air tanah bukan satu-satunya penyebab penurunan muka tanah. Menurut Wafid terdapat beberapa faktor pendukung lainnya seperti kompaksi alami, tektonik, dan pembebanan.

Adapun beberapa wilayah yang sudah teridentifikasi mengalami kerusakan cekungan air tanah (CAT) yakni Jakarta, Karawang Bekasi, Semarang, Bandung-Soreang, Bogor, Serang-Tangerang, Palangkaraya.

“Ini semua termasuk yang dalam kondisi mengalami kerusakan apalagi di daerah Pantai Utara (Pantura) Jawa itu sudah tampak, cekungan air tanah di situ sudah mempunyai implikasi subsiden seperti Pekalongan,” kata Wafid dalam acara Konferensi Pers Pengendalian Air Tanah, Senin (13/11/2023).

Namun setidaknya, dengan peran yang dilakukan Kementerian ESDM saat ini, diharapkan dapat mengurangi percepatan penurunan tanah yang ada di Pantai Utara Jawa. Salah satunya dengan mengeluarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 291.K/GL.01/MEM.G/2023 tentang Standar Penyelenggaraan Persetujuan Penggunaan Air Tanah.

Wafid menilai pengendalian penggunaan air tanah ini merupakan regulasi yang bertujuan untuk menjaga agar air tanah dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk berbagai keperluan. Terutama untuk menjamin kebutuhan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*