Tips Hindari Kesulitan Hidup di Masa Depan, Apa Saja?

Ilustrasi Perencanaan Keuangan (Dok: Freepik)

Jatuh sakit saat berada dalam usia produktif dan mengalami kesulitan ekonomi memang bukan pilihan hidup yang diinginkan banyak orang. Guna menghindari keadaan seperti ini, ada beberapa cara yang dapat diikuti para pekerja yang masih sehat.

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan agar Anda tidak kesulitan di masa depan, sebagaimana dihimpun oleh CNBC Indonesia.

Dari sekian banyak investasi yang tersedia di pasaran, investasi kepada diri sendiri adalah yang utama dan terpenting. Investasi tersebut tidak hanya sebatas ilmu melainkan kesehatan.

Semakin tua usia, semakin lelah pula tubuh Anda untuk beraktivitas. Dan semakin rentan pula Anda untuk terserang penyakit-penyakit kritis.

Selelah apapun Anda bekerja, menjaga kesehatan adalah yang utama. Karena tanpa kesehatan, akan semakin sulit bagi Anda untuk bisa mencari nafkah.

Mengkonsumsi makanan sehat dan rutin olahraga adalah hal yang harus Anda lakukan sejak muda. Karena bagaimanapun juga, gaya hidup di masa muda kita akan menentukan kesehatan kita di masa tua nantinya.

Tak Bergantung pada Satu Sumber Penghasilan

Bergantung pada satu sumber penghasilan saja bukan merupakan hal yang bijak untuk dilakukan, apalagi jika Anda masih dalam usia produktif.

Sebaiknya, di masa produktif Anda bisa memanfaatkan penghasilan Anda untuk membuka usaha sampingan yang bisa menghasilkan pendapatan tetap.

Atau Anda juga bisa mengumpulkan uang dingin sebanyak-banyaknya, dan membeli surat berharga negara agar setiap tahunnya, ada pendapatan pasif yang bisa Anda manfaatkan untuk membayar pengeluaran kebutuhan pokok maupun wajib.

Bangun Pondasi Keuangan dan Investasi Masa Depan

Sudah semestinya bagi kita untuk menjadi semakin mapan mendekati usia kepala lima. Namun hal tersebut bisa saja menjadi angan-angan belaka jika Anda sendiri tidak pernah memiliki komitmen untuk membangun pondasi keuangan keluarga yang baik dan berinvestasi.

Pondasi keuangan yang baik ditandai dengan kepemilikan dana darurat dan jaminan kesehatan. Sementara itu investasi tentu ditujukan untuk merealisasikan cita-cita jangka panjang kita.

Tanpa pondasi keuangan yang baik, akan sulit bagi kita untuk menghadapi situasi mendesak seperti kehilangan penghasilan dan lain sebagainya. Sementara itu, tanpa investasi jangka panjang, sangat mungkin bagi kita untuk bekerja hingga tua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*