Update Banjir Bandang Sumbar: Korban Meninggal Bertambah Jadi 44 Orang

Seorang pria berjalan melewati puing-puing mobil dan sepeda motor yang tersapu banjir bandang di Agam, Sumatera Barat, Indonesia, Minggu, (12/5/2024). (AP Photo/Ali Nayaka)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan kabar terbaru data korban akibat banjir bandang di Sumatera Barat.

Hingga pukul 13.00 WIB, Senin (13/05/2024), tercatat korban meninggal dunia telah bertambah menjadi 44 orang.

“Update per pukul 13.00 itu jumlah korban meninggal ada 44 jiwa dengan rincian itu di Agam itu 19 meninggal dunia, Tanah Datar 14, Padang Panjang 2, Kota Padang 1, Padang Pariaman 8,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan¬†BNPB Abdul Muhari, dikutip dari¬†detikcom, Senin (13/5/2024).

Abdul menyebut, wilayah Padang Panjang hingga Tanah Datar menjadi wilayah yang paling terdampak. Sebab, wilayah itu dekat dengan aliran sungai.

“Nah ini Padang Panjang, Agam, Padang Pariaman, dan Tanah Datar ini sebenarnya wilayah administrasinya dekat-dekatan bersebelahan, dan dialiri oleh sungai yang relatif juga mengalir di Agam, Tanah Datar, Padang Panjang,” katanya.

“Ini yang paling terdampak oleh banjir lahar hujan, karena paling dekat dan paling banyak kawasan mereka yang dilalui oleh alur-alur banjir lahar hujan,” tambahnya.

BNPB pun mengingatkan bahwa hujan dengan intensitas tinggi diprediksi akan berlangsung hingga 20 Mei 2024.

“Prediksi untuk intensitas hujan sampai tanggal 18, 15, dan 16 itu cukup intens di Sumatera Barat. Jadi teman-teman di Sumatera Barat, 14, 15 secara umum sampai tanggal 20 seminggu ke depan benar-benar harus meningkatkan waspada,” tuturnya.

kera4d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*